Info

Sunday, May 1, 2022

Produksi Udara Bertekanan

 Udara bertekanan yang digunakan dalam system pneumatik harus diolah dulu agar memenuhi persyaratan antara lain : 

1. Udara yang bersih dalam artian tidak mengandung debu yang bisa merusak komponen pneumatik 

2. Udara kering yang tidak banyak mengandung banyak air, karena udara yang mengandung air dapat membuat korosi pada komponen pneumatik 

3. Memiliki tekanan yang sesuai dengan persyaratan kerja

1. Kompresor
Kompresor adalah alat untuk memampatkan udara atau gas. Secara umum biasanya menghisap udara, yang susunannya terdiri dari beberapa gas. Namun ada juga kompresor yang menghisap udara/gas degan tekanan lebih tinggi dari tekanan atmosfer, biasa disebut penguat (booster). Sebaliknya ada pula kompresor yang menghisap udara bertekanan lebih rendah dari tekanan atmosfer dan biasanya disebut pompa vakum. Pemilihan kompresor tergantung pada tekanan kerja dan jumlah udara yang dibutuhkan. 
Fungsi kompresor adalah untuk menaikkan tekanan udara. Tekanan udara dapat dinaikkan dengan mengurangi volumenya.

Jenis-jenis kompresor 
-Kompresor piston aksi tunggal Kompresor ini hanya mempunyai satu silinder, dengan gerakan torak  yang bolak-baik didalamnya 
-Kompresor piston aksi ganda Kompresor ini dengan mempunyai jumlah silinder lebih dari satu, dibuat dengan maksud untuk memperoleh kapasitas yang lebih besar atau tekanan yang lebih besar. 
-Kompresor diafragma Kompresor ini termasuk dalam jenis kompresor torak. Penempatan torak dipisahkan dengan ruangan penyedotan oleh sebuah diafragma.

Langkah kerja kompresor torak 
Langkah hisap 
Poros engkol berputar, torak bergerak dari TMA ke TMB. Kevakuman terjadi pada ruangan di dalam silinder, sehingga katub hisap terbuka oleh adanya perbedaan teknan dan udara terhisap masuk ke silinder
Langkah kompresi 
Langkah kompresi terjadi saat torak bergerak TMB ke TMA, katup hisap dan katup keluar tertutup sehingga udara dimampatkan di dalam silinder
Langkah keluar 
Bila torak meneruskan gerakan ke TMA, tekanan didalam silinder akan naik sehingga katup keluar oleh tekanan udara sehinga udara keluar memasuki tangki penyimpanan.

2. Air reservoir tank/Tangki Udara 
Air Reservoir Tank adalah tangki yang berfungsi untuk menyimpan udara. Tangki ini memiliki fungsi sebagai kompresi udara dan tekanan udara sebagai sumber stabilisasi. Tangki tekanan udara bisa menghilangkan atau mengurangi berkala udara aliran denyut dari kompresor udara, dan menstabilkan tekanan dalam pipa, pasokan listrik ke pipa untuk menyelesaikan program operasi pneumatik setelah berhenti mesin.
3. Unit pelayanan (Service unit) 
Unit pelayanan yang diletakan pada bagian hulu dari sistem pneumatik, memiliki beberapa fungsi dari persiapan udara bertekanan yaitu penyaringan, pengaturan dan pelumasan.Fungsi dari penyaring udara adalah menyaring air kondensasi, kotoran dan minyak yang terhisap dari udara bebas. Jika ketiga hal tersebut sampai masuk dapat menyebabkan keausan pada bagian yang bergerak dan segel (seal) komponen pneumatik

Keterangan gambar 1. Cakram berputar (Spin disc); 2. Saringan sinter (Sintered filter); 3. Kondensat; 4. Mangkuk saringan (Filter bowl); 5. Sekrup pembuangan ( Drain screw ).

Pengaturan tekanan (Pressure Regulator) 
Pengatur tekanan sebagai pengatur tekanan yang dibutuhkan pada sistem pneumatik. Adapun fungsinya untuk menjaga tekanan konstan dari udara mampat pada elemen kontrol. Pengatur tekanan menggunakan piston untuk mendeteksi fluktuasi tekanan downstream, piston melakukan tekanan spring. Pada tekanan downstream, mempengaruhi diafragma dan valve popper menjadi terbuka. Penyesuaian ada pada posisi valve kecil yang membatasi tekanan downstream ke valve preset
Dalam unit pelayanan udara bertekanan (air service unit) ada uang berupa komponen yang tergabung dalam komponen yang dinamakan Kombinasi unit pelayanan (Service Unit Combination)

Unit pelayanan (Service unit) Katup on-off manual (Manual onoff valve), Saringan (Filter), Pengatur (Regulator), Alat pelumas (Lubricator). 

Unit pelayanan dengan alat pelumas (Service unit with lubricator) - simbol; kiri: gambaran terperinci; kanan: gambaran yang disederhanakan 

Unit pelayanan tanpa alat pelumas (Service unit without lubricator) - simbol; kiri: gambaran terperinci; kanan: gambaran yang disederhanakan 

No comments:

Post a Comment

Blogroll