Udara bertekanan yang digunakan dalam system pneumatik harus diolah dulu agar memenuhi persyaratan antara lain :
1. Udara yang bersih dalam artian tidak mengandung debu yang bisa merusak komponen pneumatik
2. Udara kering yang tidak banyak mengandung banyak air, karena udara yang mengandung air dapat membuat korosi pada komponen pneumatik
3. Memiliki tekanan yang sesuai dengan persyaratan kerja
1. Kompresor
Kompresor adalah alat untuk memampatkan udara
atau gas. Secara umum biasanya menghisap udara,
yang susunannya terdiri dari beberapa gas. Namun
ada juga kompresor yang menghisap udara/gas
degan tekanan lebih tinggi dari tekanan atmosfer,
biasa disebut penguat (booster). Sebaliknya ada pula
kompresor yang menghisap udara bertekanan lebih
rendah dari tekanan atmosfer dan biasanya disebut
pompa vakum. Pemilihan kompresor tergantung pada
tekanan kerja dan jumlah udara yang dibutuhkan.
Fungsi kompresor adalah untuk
menaikkan tekanan udara. Tekanan
udara dapat dinaikkan dengan
mengurangi volumenya.Jenis-jenis kompresor
-Kompresor piston aksi tunggal Kompresor ini hanya mempunyai satu silinder, dengan gerakan torak yang bolak-baik didalamnya
-Kompresor piston aksi tunggal Kompresor ini hanya mempunyai satu silinder, dengan gerakan torak yang bolak-baik didalamnya
-Kompresor piston aksi ganda Kompresor ini
dengan mempunyai jumlah silinder lebih dari satu,
dibuat dengan maksud untuk memperoleh kapasitas
yang lebih besar atau tekanan yang lebih besar.
-Kompresor diafragma Kompresor ini termasuk
dalam jenis kompresor torak. Penempatan torak
dipisahkan dengan ruangan penyedotan oleh sebuah
diafragma.
Langkah kerja kompresor torak
Langkah hisap
Poros engkol berputar, torak bergerak dari TMA ke TMB.
Kevakuman terjadi pada ruangan di dalam silinder,
sehingga katub hisap terbuka oleh adanya perbedaan
teknan dan udara terhisap masuk ke silinderLangkah kompresi
Langkah kompresi terjadi saat torak bergerak TMB ke
TMA, katup hisap dan katup keluar tertutup sehingga
udara dimampatkan di dalam silinderLangkah keluar
Bila torak meneruskan gerakan ke TMA, tekanan
didalam silinder akan naik sehingga katup keluar oleh
tekanan udara sehinga udara keluar memasuki tangki
penyimpanan.
2. Air reservoir tank/Tangki Udara
Air Reservoir Tank adalah tangki yang berfungsi untuk menyimpan udara. Tangki ini memiliki fungsi sebagai kompresi udara dan tekanan udara sebagai sumber stabilisasi. Tangki tekanan udara bisa menghilangkan atau mengurangi berkala udara aliran denyut dari kompresor udara, dan menstabilkan tekanan dalam pipa, pasokan listrik ke pipa untuk menyelesaikan program operasi pneumatik setelah berhenti mesin.3. Unit pelayanan (Service unit)
Air Reservoir Tank adalah tangki yang berfungsi untuk menyimpan udara. Tangki ini memiliki fungsi sebagai kompresi udara dan tekanan udara sebagai sumber stabilisasi. Tangki tekanan udara bisa menghilangkan atau mengurangi berkala udara aliran denyut dari kompresor udara, dan menstabilkan tekanan dalam pipa, pasokan listrik ke pipa untuk menyelesaikan program operasi pneumatik setelah berhenti mesin.3. Unit pelayanan (Service unit)
Unit pelayanan yang diletakan pada
bagian hulu dari sistem pneumatik,
memiliki beberapa fungsi dari persiapan
udara bertekanan yaitu penyaringan,
pengaturan dan pelumasan.Fungsi dari penyaring udara adalah menyaring air
kondensasi, kotoran dan minyak yang terhisap dari
udara bebas. Jika ketiga hal tersebut sampai masuk
dapat menyebabkan keausan pada bagian yang
bergerak dan segel (seal) komponen pneumatik
Keterangan gambar
1. Cakram berputar (Spin disc);
2. Saringan sinter (Sintered filter);
3. Kondensat;
4. Mangkuk saringan (Filter bowl);
5. Sekrup pembuangan ( Drain
screw ).
Pengaturan tekanan (Pressure
Regulator)
Pengatur tekanan sebagai pengatur tekanan yang
dibutuhkan pada sistem pneumatik. Adapun
fungsinya untuk menjaga tekanan konstan dari udara
mampat pada elemen kontrol. Pengatur tekanan
menggunakan piston untuk mendeteksi fluktuasi
tekanan downstream, piston melakukan tekanan
spring. Pada tekanan downstream, mempengaruhi
diafragma dan valve popper menjadi terbuka.
Penyesuaian ada pada posisi valve kecil yang
membatasi tekanan downstream ke valve presetDalam unit pelayanan udara bertekanan (air service unit) ada uang
berupa komponen yang tergabung dalam komponen yang dinamakan
Kombinasi unit pelayanan (Service Unit Combination)
Unit pelayanan (Service unit)
Katup on-off manual (Manual onoff valve),
Saringan (Filter), Pengatur (Regulator),
Alat pelumas (Lubricator).
Unit pelayanan dengan alat pelumas (Service
unit with lubricator) - simbol; kiri: gambaran
terperinci; kanan: gambaran yang
disederhanakan
Unit pelayanan tanpa alat pelumas (Service unit
without lubricator) - simbol; kiri: gambaran
terperinci; kanan: gambaran yang
disederhanakan
No comments:
Post a Comment